Terapkan Protokol Kesehatan Yang Ketat, Bupati Bengkalis Buka Puasa Sunnah Asyuro Dengan Masyarakat

Terapkan Protokol Kesehatan Yang Ketat, Bupati Bengkalis Buka Puasa Sunnah Asyuro Dengan Masyarakat

Alhamdulillah, dihari mulia ini kita dapat menjalankan satu amalan sunnah yang dianjurkan pada hari Asyuro (10 Muharram 1443 Hijriyah), yakni ibadah puasa sunnah Assyuro.

Ibadah puasa sunnah ini dijelaskan Rasulullah SAW dalam hadistnya "setiap umat muslim yang mengerjakan puasa Asyuro akan menghapus dosa setahun yang lalu (HR. Muslim no 1162).

Dengan menerapkan Protokol kesehatan yang ketat, Bupati Bengkalis Kasmarni ikut berbuka puasa dengan masyarakat Mandau di Masjid Besar Arafah, Duri, Kecamatan Mandau, Kamis (19/8/2021).

Selain berbuka puasa, Kepala Daerah Bengkalis juga menyantuni anak yatim serta kaum dhuafa di Kecamatan Mandau.

Ada yang unik saat momen penyantunan tersebut, dimana saat Bupati Bengkalis hendak menyerahkan bantuan, ada anak yang terlihat sedih dan tak kuasa menahan tangis mengeluarkan air kedua matanya.

Melihat itu, Kepala Daerah Bengkalis segera membujuknya dan menanyakan sebab anak kecil tersebut menangis. Ternyata ia rindu akan orang tuanya.

"Udah ya nak, jangan menangis lagi, sini ibu peluk," ucap Kasmarni sembari memberikan pelukan hangat kepada anak tersebut.

Kepala Daerah Bengkalis memberikan apresiasi terhadap kegiatan agamis yang berlangsung tersebut. Ia berharap, kegiatan religi seperti ini dapat terus berlangsung setiap tahunnya.

"Kita tahu, bahwa hari Asyuro disebut dengan Idul Yatama, artinya kita dianjurkan untuk memperbanyak sedekah serta memberikan santunan untuk anak yatim, karena pahala sedekah serta santunan yang diberikan akan tercatat dengan sedekah selama setahun," ujar Kasmarni 

Disamping itu, Ibu empat orang anak itu juga mengajak seluruh umat Islam di Kabupaten Bengkalis khususnya di Kecamatan Mandau untuk bersama menjaga keutuhan umat Islam yang saat ini penuh kedamaian.

"Rasa kebersamaan merupakan salah satu upaya kita guna mewujudkan masyarakat Madani, serta menggali nilai kearifan lokal, dalam semangat kebangkitan Islam," tutur Kasmarni.

Diakhir sambutannya, Kepala Daerah juga mengajak seluruh masyarakat yang hadir pada kesempatan itu untuk berdoa bersama agar Kabupaten Bengkalis senantiasa dijauhkan dari segala marabahaya, musibah, serta wabah Covid-19 yang telah membawa dampak negatif dari berbagai sektor kehidupan masyarakat.

"Jadi jangan lupa terapkan protokol kesehatan Covid-19, dan ikut berpartisipasi dalam program vaksinasi agar pemutusan mata rantai Covid-19 dapat dilaksanakan sehingga kita bisa beraktifitas seperti sedia kala," ungkapnya.

Usai memberikan santunan dan sambutan dihadapan masyarakat, Kepala Daerah Bengkalis melaksanakan shalat Maghrib berjamaah lalu makan bersama dengan masyarakat. 

Komentar Via Facebook :