https://www.superriau.com/

Pelantikan Empat Pimpinan Dewan DPRD Provinsi Riau Periode 2019-2024

Pelantikan Empat Pimpinan Dewan DPRD Provinsi Riau Periode 2019-2024

Advertorial, Pekanbaru - Setelah satu bulan menunggu, akhirnya, empat pimpinan DPRD Provinsi Riau definitif resmi dilantik melalui rapat paripurna pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD masa jabatan 2019-2024, Senin (7/10/2019).

Empat pimpinan yang dilantik ini masing-masing dijabat oleh Indra Gunawan Eet (Golkar) sebagai ketua DPRD Riau, dan Zukri Misran (PDIP), Asri Auzar (Demokrat) serta Hardianto (Gerindra) sebagai wakil ketua DPRD Riau.

Usai dilantik oleh ketua Pengadilan Tinggi Riau, Indra Gunawan Eet dalam sambutannya menegaskan, bahwa pihaknya akan segera menyelesaikan tugas dan kewajibannya sebagai wakil rakyat. 

Termasuk membahas ranperda APBD 2020 yang batas akhirnya tinggal 1,5 bulan lagi.
"Pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) seperti Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Kehormatan (BK), Badan Legislasi (Banleg) dan komisi akan digesa. Sebab, masih ada ranperda APBD 2020 yang telah menunggu. 

Sempitnya waktu yang tersisa akan kami gunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas ini," jelas politisi Bengkalis tersebut.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar yang hadir dalam pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD Riau periode 2019-2024 pun mengucapkan selamat. 

Dirinya berharap, agar pimpinan yang baru ini, mampu meningkatkan komunikasi yang baik antara legislatif dan eksekutif.

"Kami berharap agar pimpinan DPRD Riau mampu melaksanakan fungsi-fungsinya, dan dapat membangun komunikasi yang baik sehinga bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Atas nama pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau ucapkan selamat bekerja," tutur mantan bupati Siak dua periode tersebut.

Adapun unsur pimpinan DPRD Riau terdiri dari empat orang dengan rincian satu ketua dan tiga wakil ketua. Dalam formasi tersebut Partai Golkar kembali menempatkan kadernya duduk sebagai ketua DPRD Riau atas Indra Gunawan Eet. Hal tersebut berdasarkan status Partai Golkar sebagai pemenang pada pemilu 2019 dengan raihan 11 kursi.
 
Sedangkan PDI Perjuangan yang meraih 10 kursi mengutus satu wakilnya,  Zukri Misran, untuk duduk sebagai Wakil Ketua. Sementara itu Partai Demokrat dengan capaian 9 kursi, juga mengutus satu kadernya, Asri Auzar. Kursi wakil ketua terakhir ditempati Partai Gerindra melalui kadernya, Hardianto. 
 

Ketua DPRD Riau Eet mengatakan sejumlah pekerjaan telah menanti anggota DPRD Riau 2019 - 2024. "Ada APBD 2020 yang harus dituntaskan pada 20 November ini. Oleh sebab itu kita akan mempercepat pembentukan alat kelengkapan dewan (akd). Dengan terbentuknya akd baru kita bisa melakukan pembahasan anggaran," tekannya. 

 


Sementara itu Wakil DPRD Riau, Asri Auzar, mengatakan pembahasan APBD 2020 juga sempat diulas anggota DPRD 2014-2019. Hanya saja lantaran keterbatasan waktu postur anggaran tersebut tidak tuntas dibahas. Meski begitu menurutnya besaran APBD 2020 dipekirakan berada dikisaran Rp9 triliun. 
 
"Tentu kita berharap setelah akd terbentuk, pekerjaan rumah ini bisa dibahas supaya sebelum 20 November anggaran ini sudah rampung," tutupnya. (red/adv)

Komentar Via Facebook :