Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Pelalawan Tanam Pohon Kelor Bersama Forkopimda

Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Pelalawan Tanam Pohon Kelor Bersama Forkopimda

Pemerintah Kabupaten Pelalawan menggelar Upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Pelalawan pada Rabu (05/06/2024) di halaman kantor Bupati Pelalawan.

Bertindak sebagai pembina upacara, Bupati Pelalawan H. Zukri, SE menyampaikan jika berbicara mengenai hari lingkungan hidup sedunia, tentu merupakan refleksi berapa pentingnya dunia ini bagi umat manusia sehingga dibutuhkan gerakan bersama membuat lingkungan kita semakin baik dan tentu semakin berdampak positif bagi umat manusia.


“Bapak-bapak dan ibu-ibu semua, hampir dalam beberapa tahun belakangan ini dan hari ini pun kita merasakan kondisi cuaca yang semakin tidak menentu. Terkadang kita mengalami fenomena El Nino dan kadang kala terjadi fenomena La Nina, karena dampak lingkungan bukan semata-mata hanya hujan dan panas. Berbicara tentang El Nino tentu kita akan merasakan dampak kekeringan dan sebaliknya jika terjadi La Nina akan terjadi hujan dengan curah yang cukup tinggi.” Jelas Bupati.

“Perubahan iklim yang terjadi tentu memiliki dampak yang luas bagi masyarakat. Bahkan turut berdampak pada kondisi listrik, sehinga banyak diberitakan hampir seluruh Pulau Sumatera terjadi pemadaman listrik bergilir seperti yang sedang kita alami.” Tambah Bupati Zukri.

Bupati Pelalawan jga menyampaikan kekhawatirannya mengenai dampak dari perubahan cuaca ekstrem yang sering terjadi.
” Perubahan cuaca ekstrem yang sering terjadi saat ini juga sangat ditakuti oleh seluruh dunia. Secara jangka panjang anak cucu kita nantinya akan kekurangan oksigen akibat tingginya produksi karbon di dunia, yang menyebabkan kondisi cuaca semakin tidak stabil dan berdampak pada kita semua. Cuaca iklim tidak stabil tentu akan berdampak terhadap pertanian yang nantinya pasti akan berdampak terhadap pangan dan selanjutnya akan berdampak pada seluruh aktivitas-aktivitas lainnya. Maka pada kesempatan ini, saya mengajak kita semua untuk mencintai lingkungan, dengan menjaga kebersihan dan menanam pohon sebagai upaya untuk memperbayak produksi oksigen dan mengurangi karbon.” Ajak Bupati.

Bupati Pelalawan juga mengajak seluruh ASN untuk semakin mencintai lingkungan dan alam.
“Pada momen ini saya selaku Bupati Pelalawan mengajak kita semua untuk mencintai alam dan lingkungan kita. Kalau cinta dengan lingkungan, maka kita bisa menjaga kebersihan dan contoh kecilnya kita akan membuang sampah pada tempatnya. Dinas Lingkungan Hidup tentunya harus lebih maksimal lagi dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Pelalawan. Kita juga harus sama-sama peduli dan betul-betul mencintai bumi karena dengan mencintai bumi maka lingkungan kita akan semakin baik. Kita akan bisa memproduksi oksigen lebih banyak, dan kita akan bisa menyerap karbon lebih banyak.” Tutup Bupati Zukri.

Bupati juga memberikan arahan langsung kepada seluruh kepala OPD agar mengelola lahan yang ada menjadi lahan yang produktif. Setelah melaksanakan upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024, Bupati Pelalawan melakukan penandatanganan kesepakatan bersama stakeholder di Kabupaten Pelalawan tentang pengurangan sampah plastik dilanjutkan dengan aksi penanaman pohon kelor bersama Forkopimda Pelalawan.

Komentar Via Facebook :