Bupati Zukri Hadiri Sosialisasi Program Peningkatan Mutu SDM Dan Program BIE-D Provinsi Riau,

Bupati Zukri Hadiri Sosialisasi Program Peningkatan Mutu SDM Dan Program BIE-D Provinsi Riau,

Bupati Pelalawan H. Zukri, SE menghadiri sosialisasi program peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah dan program Beasiswa Indonesia Emas Daerah (BIE-D) di Provinsi Riau, (19/6/2024) bertempat di Auditorium Lt. III kantor Bupati Pelalawan. Kegiatan ini ditaja oleh Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), yang dibuka secara resmi oleh Dewan Pembina Apkasi Drs. Sokhiatulo Laoli, MM.

Dalam sambutannya Bupati Zukri, berharap agar kegiatan yang ditaja Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) wilayah Provinsi Riau ini membawa rahmat dan berkah serta membawa kemajuan bagi masyarakat Provinsi Riau pada umumnya. Dijelaskan Bupati bahwa APKASI adalah Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia dan alhamdulillah dirinya ditunjuk menjadi koordinator Provinsi Riau. ” Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan pada hari ini, agar kita semakin fokus untuk peningkatan sumber daya manusia, karena sumber daya manusia menjadi salah satu peranan yang menentukan untuk kemajuan suatu daerah.” Jelasnya.

Selanjutnya Bupati Zukri juga menyampaikan bahwa program beasiswa yang disediakan saat ini bisa digunakan untuk membantu masyarakat dengan ekonomi lemah, namun bercita-cita tinggi untuk sekolah hingga menjadi sarjana. Ditegaskan Bupati bahwa saat ini tidak bisa dipungkiri, bahwa pendidikan S1 saat ini sudah biasa-biasa saja, karena sekarang mungkin orang-orang sudah bicaranya ke jenjang S2 dan S3. Namun di kalangan masyarakat miskin, mereka yang ekonominya lemah, mereka masih sedikit mendapatkan kesempatan untuk menempuh pendidikan hingga sarjana. Untuk itu, lanjut Bupati APKASI hadir dan mensosialisasikan kepada seluruh kabupaten bahwa ada kerjasama yang sudah dibuat APKASI dengan hampir 21 PTN yang ada di Indonesia. Artinya ada peluang bagi kabupaten untuk mendapatkan kuota, karena tidak mudah untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Ini adalah kesempatan bagi Pemerintah Kabupaten untuk membantu masyarakatnya, agar mereka yang ekonominya lemah tapi punya cita-cita ingin kuliah di kampus-kampus negeri.

Beliau menambahkan bahwa program beasiswa ini merupakan suatu upaya dalam meningkatkan IPM suatu daerah, apalagi kalau dilakukan dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten, maka bisa dipastikan IPM di Kabupaten-Kabupaten di Provinsi Riau akan langsung meningkat, sehingga SDM yang ada di Propinsi Riau bisa bersaing dengan SDM luar negeri .” Apalagi dalam program beasiswa ini juga terdapat beasiswa untuk keluar negeri di tiga negara yakni China, Turki dan Mesir. Semoga sosialisasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh kita semua sehingga kita bisa membuat pendidikan kita semakin maju, semakin baik.” Tutupnya.

Komentar Via Facebook :