Bupati Zukri Launching Magrib Mengaji Tingkat Kabupaten

Bupati Zukri Launching Magrib Mengaji Tingkat Kabupaten

Bupati Pelalawan H. Zukri, SE melaunching kegiatan Magrib Mengaji Tingkat Kabupaten Pelalawan di Mesjid Al-Falah Sorek Satu, Kecamatan Pangkalan Kuras, Jum’at ( 21/6/2024 ). Kegiatan launching magrib mengaji Tingkat Kabupaten Pelalawan yang dilaksanakan di Kecamatan Pangkalan Kuras ini juga dikuti secara serentak oleh 12 Kecamatan lainnya secara zoom yang dipimpin oleh Camat masing-masing.

Dihadapan seluruh masyarakat yang hadir dan yang menyaksikan melalui zoom, Bupati Zukri menyampaikan agar tradisi Magrib Mengaji dapat dihidupkan kembali dan menjadi sebuah kebiasaan ditengah-tengah masyarakat, dimana diantara waktu Magrib dan Isya dilaksanakan kegiatan membaca Al-Qur’an. Menurut Bupati Zukri bahwa dahulunya waktu Magrib selalu diisi dengan membaca Al-Qur’an di Masjid maupun di rumah masing-masing. Namun seiring waktu berjalan tradisi ini mulai pudar, dimana masyarakat terutama sekali generasi muda telah disibukan dengan tontonan televisi dan gadget, sehingga tradisi membaca Al-Qur’an bersama di Masjid mulai terlupakan.

Dikatakan Bupati Zukri, kegiatan Magrib Mengaji di Masjid ini membawa dampak yang sangat positif kepada masyarakat terutama sekali para generasi muda, dimana masyarakat dapat meningkatkan hubungan silaturahmi diantara sesama serta dapat menumbuhkan rasa kecintaan terhadap Al-Qur’an serta terhidar dari kegiatan yang bersifat negatif yang dapat merusak, terutama sekali kepada anak-anak muda.

Bupati Zukri menyebutkan bahwa setelah melaunching kegiatan Magrib Mengaji, Beliau langsung memerintahkan Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk berkeliling di daerahnya masing-masing untuk melaksanakan kegiatan Magrib Mengaji minimal setiap malam Jum’at.

“Kedepannha saya minta kepada Asisten 1 Setda untuk mengabsen Camat-Camat dalam pelaksanaan Magrib Mengaji ini, sementara itu Lurah serta Kepala Desa akan diabsen oleh Camat masing-masing, sehingga saya bisa mengetahui Camat, Lurah dan Kepala Desa mana yang aktif dan tidak aktif dalam melaksanakan kegiatan ini.” Tegas Bupati.

Terakhir Bupati Zukri mengharapkan kegiatan Magrib Mengaji ini jangan hanya dijadikan kegiatan seremonial belaka, yang dilaksanakan ketika Beliau ada saja.

“Kegiatan Magrib Mengaji ini harus dilaksanakan secara berkelanjutan dan tidak menjadi kegiatan seremonial belaka, yang dilaksanakan ketika saya ada, namun dilaksanakan secara konsisten di setiap Kecamatan, Kelurahan dan Desa, sehingga kedepannya Program Magrib Mengaji ini menjadi kegiatan yang mentradisi di Kabupaten Pelalawan.” Tutup Bupati.

Komentar Via Facebook :