Pekanbaru Raih Penghargaan Pemerintah Kota Sangat Inovatif di IGA 2023

Pekanbaru Raih Penghargaan Pemerintah Kota Sangat Inovatif di IGA 2023

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menerima penghargaan kategori pemerintahan sangat inovatif dalam Innovative Government Award (IGA) 2023. Pemko Pekanbaru menjadi salah satu dari 15 pemerintah kota yang mendapatkan penghargaan ini.

IGA 2023 ini digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Penghargaan ini diterima oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Muflihun yang diwakilkan oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Samto.

Penghargaan diserahkan di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri pada Selasa (12/12). Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Pekanbaru Muhammad Jamil juga hadir dalam acara penganugerahan IGA 2023.

Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BKSDN) Kemendagri Yusharto Huntoyungo dalam sambutannya mengungkapkan, para penerima penghargaan sebelumnya telah mengikuti beberapa tahapan penilaian. Penilaian diawali dengan penjaringan inovasi pada bulan Juni hingga Juli.

Penilaian dilanjutkan dengan proses validasi dan analisis variabel, serta indikator indeks inovasi daerah terhadap dokumen inovasi yang dilaporkan. Tahap terakhir penilaian adalah peninjauan lapangan oleh tim yang terdiri dari perwakilan kementerian dan lembaga, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), akademisi, serta media massa.

 

"Setelah seluruh proses penilaian dilakukan, terpilih 2 pemerintah provinsi, 25 pemerintah kabupaten, dan 15 pemerintah kota," ungkapnya.

 

Selain kategori sangat inovatif, terdapat pula empat kategori lainnya. Salah satu kategori itu adalah daerah terinovatif.

 

"Penghargaan daerah terinovatif ini kami serahkan kepada 7 pemerintah provinsi dan 16 pemerintah kabupaten," sebut Yusharto. 

Komentar Via Facebook :