Walikota Pekanbaru Raih TOP Pembina BUMD Award 2021

Walikota Pekanbaru Raih TOP Pembina BUMD Award 2021

​​​​​​PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T.,M.T meraih TOP Pembina BUMD dalam BUMD Award 2021. Sesuai dengan apa yang di bacakan oleh ketua Tim Penilai Top BUMD Award 2021 Prof Dr Djohermansyah Johan, penghargan tersebut diberikan karena Walikota Pekanbaru ini berhasil mengembangkan peran BUMD dalam hal ini Bank Pembangunan Rakyat (BPR) Pekanbaru serta perannya terutama dimasa pandemi Covid-19 ini.


Dalam sambutannya di hari penghargaan yang digelar di Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (10/9), Menteri BUMN RI Erick Thohir, menegaskan pentingnya sinergi BUMN dan BUMD guna mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. BUMD merupakan tulang punggung daerah dan sudah seharusnya menjadi penggerak ekonomi daerah. Dan setelah terdampak Covid-19 kini, ekonomi Indonesia dalam tahap pemulihan dimana 10 dari 34 Provinsi di Indonesia, Kota Pekanbaru salah satu daerah yang sudah mencatat pertumbuhan positif.

"Usaha dan inisiatif dari pusat, tak cukup. Perlu keterlibatan pemda yang tentu lebih paham karakteristik daerahnya. Dan dalam hal itu, peran BUMD penting untuk jadi mitra serta menaikkan aktivitas usaha di daerah," ujarnya.

Adapun prioritas kriteria penghargaaan Top BUMD, tambah Erick Thohir, lebih pada orientasi inovasi dan inisiatif pemberdayaan masyarakat melalui kontribusi BUMD dalam membangunan daerah. Dan Top BUMD menilai bahwa kepala daerah telah berhasil dalam berinovasi serta berkolaborasi dalam mengembangkannya.

Pada malam anugerah tersebut, bukan hanya Walikota Pekanbaru secara pribadi mendapatkan penghargaan, namun juga Dirut BPR Pekanbaru serta PT BPR Pekanbaru juga mendapatkan gelar sebagai TOP BUMD dengan label 4 star yang diterima langsung oleh Sekdako Pekanbaru H.M.Jamil, S.Ag., M.Ag., MSi.

"Alhamdulillah, di umurnya yang ke-14 tahun BPR berhasil meraih penghargaan nasional. Kita akui, selama 12 tahun ini BPR mengalami kerugian terus. Justru di masa pandemi covid ini, BPR mampu bangkit dan mengharumkan nama Pekanbaru di kancah nasional," terang WaliKota Pekanbaru Dr. H. Firdaus,S.T.,M.T.

Walikota berkeinginan, agar BUMD Pekanbaru mampu menggerakan perekonomian di Indonesia. Hal ini berguna untuk memulihkan perekonomian di Pekanbaru pada masa pandemi covid-19.

Menteri Dalam Negeri, M Tito Karnavian juga mengapresiasi upaya Pemda dan BUMD yang telah berupaya dengan cepat melakukan langkah mengatasi Covid-19. Upaya tersebut telah berlangsung dalam hal perlindungan ekonomi dan kesehatan. 

"Sinergi yang saling menguntungkan antara BPD dan BPR, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pembiayaan UMKM di daerah. Mereka tidak perlu bersaing antar-sesama BUMD, namun justru bersinergi untuk saling menguatkan. Selain itu, BPD juga harus mendukung pengembangan bisnis BUMD-BUMD sektor lainnya," kata Tito dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Balitbang Kemendagri Agus Fathoni.

Komentar Via Facebook :