Pemprov Riau Kirim 145 Konsentrator Oksigen ke Daerah Terpencil

Pemprov Riau Kirim 145 Konsentrator Oksigen ke Daerah Terpencil

Gubernur Riau Syamsuar mendistribusikan bantuan 145 unit konsentrator oksigen ke seluruh daerah terpencil. Alat itu didistribusikan untuk mencegah angka kematian akibat terpapar COVID-19.

Gubernur menyerahkan konsentrator oksigen di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi. Hadir semua direktur rumah sakit umum perwakilan di Riau yang akan mendistribusikan konsentrator oksigen.

"Hari ini kami menerima bantuan oxygen concentrator sebanyak 145 untuk daerah terpencil di Riau. Harapan kami ini hanya untuk berjaga, kalau bisa ini bantuan tak terpakai," kata Gubernur Syamsuar, Rabu (25/8/2021).

Syamsuar mengaku sudah berkonsultasi dengan pakar epidemiologi. Hasilnya, akan ada lonjakan kasus baru pada September-Oktober mendatang.

"Saya sudah rapat dengan epidemiologi, gelombang ketiga itu akhir September dan awal Oktober. Tapi tidak usah takut, kalau kita taat, tidak akan terjadi apa-apa. Tetapi kita juga siapkan semua fasilitas sampai oksigen untuk kebutuhan daerah terpencil," katanya.

Syamsuar memastikan, khusus konsentrator oksigen di Riau masih cukup sampai saat ini. Namun berbagai upaya terus dilakukan agar stok perlengkapan tetap terpenuhi. Termasuk setelah adanya bantuan dari perusahaan April Grup.

"Ini ada bantuan dari RAPP 145 oxygen concentrator. Semua kita distribusikan sampai ke daerah terpencil, harapannya angka kematian bisa menurun," katanya.

Terbaru, Syamsuar mengatakan kapasitas tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) menurun drastis. Namun angka kematian yang tinggi masih menjadi tugas bersama.

"Saat ini BOR kita 45 persen, ICU masih 60 persen, angka kesembuhan 99 persen. Tapi angka kematian kita masih tinggi, ini saya minta teman-teman cek, apa masalahnya. Awalnya 2,7 persen dan sekarang jadi 2,9 persen, itu apa masalahnya," katanya.

Direktur RAPP, Mulia Nauli, mengatakan bantuan konsentrator oksigen merupakan wujud komitmen Tanoto Foundation bersama mitra usahanya. Salah satunya komitmen mendukung pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Kami berharap bantuan konsentrator oksigen ini dapat mengatasi kekurangan pasokan oxygen dan bisa menyelamatkan nyawa para pasien yang sedang berjuang melawan COVID-19," kata Mulia.

Sejak awal Juli 2021, Tanoto Foundation telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan mengatasi kekurangan pasokan oksigen akibat kenaikan kasus COVID-19. Sebanyak 500 ton oksigen cair produksi PT RAPP telah disalurkan ke rumah sakit yang berada di sejumlah daerah di Indonesia.

Komentar Via Facebook :