Bersama Kapolres, Bupati Kasmarni Lakukan Panen Cabe di Kampung Tangguh

Bersama Kapolres, Bupati Kasmarni Lakukan Panen Cabe di Kampung Tangguh

Bupati Bengkalis Kasmarni bersama Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan laksanakan panen cabe di Kampung Tangguh binaan Polres Bengkalis bertempat di Jalan Poros Sungai Alam Bengkalis.

Lahan yang memiliki luas lebih kurang 5 hektar tersebut, digunakan untuk mengembangkan sektor pertanian, dan perikanan sebagai salah satu wujud pemberdayaan yang dilakukan oleh Polres dalam meningkatkan perekonomian masyarakat terutama di masa pandemic Covid-19 saat ini.

Pemanfaatan lahan dari sektor pertanian, diperuntukkan untuk berbagai tanaman seperti cabe merah, sayur kangkung, bayam dan porang, sementara dari sektor perikanan dilakukan budidaya ikan nila.

Panen cabe merah yang dilakukan hari ini merupakan bibit cabe yang telah ditanam langsung oleh Bupati Bengkalis bersama Kapolres dan Forkopimda lebih kurang 3 bulan yang lalu.

Sembari melaksanakan panen cabe di Kampung Tangguh tersebut, Bupati Bengkalis memberikan apresiasi kepada Polres Bengkalis atas inisiasnya dalam memberdayakan masyarakat. Menurutnya, kegiatan ini harus bisa menjadi percontohan, inspirasi dan motivasi bagi masyarakat, pemuda, organisasi masyarakat maupun kepemudaan serta Pemerintah Desa.

“Selain bisa menumbuhkan perekonomian, kegiatan ini juga bisa memberikan dampak positif, mengisi waktu keseharian dengan hal yang bermanfaat,” ungkap Kasmarni.

Meskipun bercocok tani di lahan gambut seperti ini, lanjut Kepala Daerah Bengkalis, bisa menghasilkan hasil panen yang sangat bagus. 

“Jadi sekarang ini sudah ada teknologi dan inovasi dalam pemanfaatan tanah gambut, jadi masyarakat tidak perlu risau lagi. selagi kita berniat baik, ikhlas, tulus serta memiliki semangat kerja keras dalam melakukan sesuatu, insyaallah akan membuahkan hasil yang baik pula,” ucap Kasmarni.

Bupati Bengkalis juga berharap kegiatan seperti ini juga bisa dijadikan pilot projeck oleh Perangkat Daerah maupun Organisasi Masyarakat dalam pemanfaatan lahan kosong milik Pemerintah Daerah.

“Saya sudah sampaikan kepada beberapa organisasi masyarakat dan pemuda yang ada di Kabupaten Bengkalis, seperti Karang Taruna, KNPI, PP, GP-Ansor Bengkalis dan lainnya untuk bisa memanfaatkan lahan milik Pemerintah Daerah dalam kegiatan bercocok tanam seperti ini, sehingga mereka bisa mandiri dan tidak semata mengharap asupan dana dari Pemerintah Daerah dan mereka bisa mendapatkan penghasilan sendiri dari usaha yang dilakukan,” tuturnya.

Ikut mendampingi Bupati Bengkalis dalam panen cabe tersebut, Anggota DPRD Bengkalis H. Zamzami, Sekretaris Daerah Bengkalis H. Bustami HY, Wakapolres Bengkalis Kompol Aslely Farida Turnip, Kepala DInas Pertanian Tarmizi, Plt. Kepala Satpol PP Bengkalis Hengky Irawan.

Komentar Via Facebook :