Evaluasi Kinerja, Wali Kota Pekanbaru Bakal Copot Kepala Dinas Bekerja Lambat

Evaluasi Kinerja, Wali Kota Pekanbaru Bakal Copot Kepala Dinas Bekerja Lambat

Wali Kota Pekanbaru Firdaus membocorkan hasil evaluasi kinerja kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada pertengahan Juli 2021. Hasilnya, banyak kepala dinas (kadis) yang kinerjanya sedang.

"Banyak hasilnya sedang-sedang saja. Tapi secara umum kinerjanya sudah cukup bagus, maka kita akan cari yang bisa lari lebih cepat lagi," katanya, Jumat (23/7/2021).

Menurutnya, pejabat dengan kinerja sedang-sedang saja itu tidak cukup. Ia mengaku butuh pejabat yang bisa berlari kencang pada masa pandemi Covid-19 ini. Dirinya mendorong para kepala OPD di lingkungan pemerintah kota bisa bergerak cepat.

"Kita butuh pejabat yang bisa bekerja lebih kencang lagi. Tingkatkan kecepatannya, biasanya 60 kecepatannya kalau bisa sekarang naikkan jadi 100," ujarnya.

Firdaus mengingatkan bahwa pejabat di lingkungan pemerintah kota harus tetap berinovasi. Mereka harus bisa melakukan percepatan terhadap program pembangunan.

Firdaus juga berencana bakal merombak kembali jajaran Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. Perombakan terjadi pasca evaluasi kinerja kepala OPD pekan lalu.

Firdaus segera melaporkan hasil evaluasi kinerja ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Ia melakukan rotasi dan mutasi setelah mendapat persetujuan dari KASN.

Ada kemungkinan sejumlah posisi kepala OPD kosong setelah rotasi dan mutasi. Pemerintah kota pun mengajukan assesment untuk seleksi terbuka pejabat untuk mengisi posisi yang kosong.

"Kita harapkan akhir tahun, yang lulus dalam assesment kita kukuhkan langsung," ulasnya.

Saat ini, sejumlah posisi kepala OPD masih kosong dan dijabat pelaksana tugas atau plt. OPD tersebut yakni Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru. Kemudian Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru.

Lalu posisi Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru. Ada juga Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distakan) Kota Pekanbaru. Lalu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru.

Komentar Via Facebook :