ASN di Kuansing Belum Gajian, Ini Penyebabnya!

ASN di Kuansing Belum Gajian, Ini Penyebabnya!

Teluk Kuantan - Sudah 3 bulan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) belum ditransfer pemerintah pusat. Mulai April, Mei dan Juni. Akibatnya, para ASN atau pegawai di Kabupaten Kuantan Singingi tak kunjung menerima gajinya sampai tanggal hari ini 5 Juni 2021 ini.

 

Demikian ditegaskan Plt Kepala Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kuansing, Andi Z ulfitri kepada media,Sabtu (5/6/2021) melalui telpon selulernya.

Adapun Kendalanya, diungkap Andi , bahwa penyaluran DAU tiga bulan dari pusat belum cair. Ini dikarenakan, sebagaimana diamanahkan, bahwa pemerintah daerah harus melakukan pergeseran anggaran bersumber dari DAU sebesar 8 persen untuk penanganan covid. 

 

"Itu sudah kita mulai. Tanggal 31 Mei kemarin, sudah selesai pergeseran. Dan itu sudah dilaporkan ke pusat. Dan pergeseran anggaran itu sudah memenuhi aturan. Kini, tinggal menunggu penyaluran DAU-nya. Untuk proses pencairan. Kalau sudah, pasti gaji dibayar," jelas Andi

 

Sesuai koordinasi pihaknya dengan pemerintah pusat, bahwa DAU yang 3 bulan itu akan disalurkan pekan depan. Jika sudah cair, gaji ASN langsung dibayar.

 

Kemudian, apakah Senin ini sudah bisa dibayar gaji ASN? Pria asal Gunung Toar ini menegaskan, bahwa pihaknya tidak bisa memastikan. Karena pihaknya menunggu DAU cair dari pusat.

 

"Belum tentu Senin dibayar. Ini sesuai transfer DAU dari pusat yang 3 bulan itu. Baru bisa disalurkan. Itu permasalahannya kenapa gaji ASN belum dibayar," jelasnya.

 

Namun Plt Kepala BPKAD Kuansing menargetkan, gaji ASN ini dibayar Senin atau Selasa mendatang. Karena laporan pergeseran anggaran sudah selesai. Dan kini menunggu pencairan. 

Komentar Via Facebook :