Bantu Korban Banjir, BPBD Riau Siapkan Logistik

Bantu Korban Banjir, BPBD Riau Siapkan Logistik

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau telah menyiapkan logistik untuk para korban banjir di Riau.

Kepala BPBD Riau, M Edy Afrizal melalui Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan, Jim Ghafur, Senin (29/3/2021), mengatakan, bantuan logistik tersebut nantinya didistribusikan ke lokasi-lokasi pengungsian korban banjir.

"Logistik sudah kita siapkan untuk satu atau dua hari ini. Jadi kalau ada daerah yang membutuhkan logistik kita siap mendistribusikan," katanya.

Hanya saja, lanjut Jim Gafur, sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan maupun permintaan logistik dari kabupaten/kota.

"Kami harap pemerintah kabupaten/kota, jika memang di daerahnya membutuhkan logistik sementara untuk warganya yang terdampak banjir bisa mengusulkanya ke BPBD Riau. Nanti kita akan drop," Jim Gafur menjelaskan. 

Lebih lanjut ia mengatakan, BPBD Riau terus melakukan antisipasi terjadinya bencana banjir di Riau. Dimana saat ini pihaknya tengah mengevakuasi korban banjir di Pekanbaru.

"Saat ini Riau mulai masuk musim penghujan. Artinya masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan, April nanti baru masuk musim hujan, setelah itu, Mei, Juni itu mulai masuk kemarau lagi. Makanya sejumlah wilayah yang langganan banjir harus diantisipasi sejak awal, baik itu peralatan, logistik dan personel sudah kita siapkan semua," tukasnya. 

Jim Gafur menyebutkan, BPBD Riau sudah mendistribusikan sejumlah petugas dan peralatan ke daerah yang sudah terendam banjir di Pekanbaru.

"Kita sudah kirim tim dan peralatan di beberapa titik banjir di Pekanbaru, untuk melakukan evakuasi korban banjir," tandasnya. 

Komentar Via Facebook :