Anggota DPRD Kuansing Satu ini Sukses Bertani

 Anggota DPRD Kuansing Satu ini Sukses Bertani

TELUKKUANTAN-Seorang Anggota Dewan Perwakilan Daearah ( DPRD ) Kuansing sukses menjalankan usaha nya dengan bertani yaitu Gusmir Indra, ia merupakan salah satu Wakil Rakyat yang berhasil dari segala bidang, pemikiran nya selalu untuk kemajuan masyarakat Kuansing, dan mengajak kepda warga masyarakat untuk memanfaatkan lahan lahan yang masih kosong untuk ditami sayur sayuran, supaya bisa meningkatkan ekonomi keluarga.

kader Gerinda ini yang kegemaran suka bertani banyak tidak diketahui oleh masyarakat pada umum, bahkan termasuk teman-temannya yang lain,
yang mana ia membudidayakan kurma sejak tahun 2018 yang lalu sehingga beliau dijuluki si bapak kurma kuansing.

Selain membudidayakan kurma ternyata kader Gerindra ini juga mempunyai hobi lain yang tidak disangka-sangka.
Rupanya beliau membudidayakan lebah trigona itama yang madu nya sekarang sedang viral dan laku keras di pasaran.

"Lebah trigona itama berguna untuk penyerbukan bunga dan Lebah ini didapati di pohon kayu tua dipenangkaran, biasanya saya ditemani asisten sekaligus untuk di perkebunan kurma, " ujar pemilik Toserba Indrako ini kepada wartawan. Minggu (28/2/21) saat ditemui di tempat penangkaran lebah trigona itama miliknya tersebut.

Gumir tertarik melakukan penangkaran ini karena pengolahannya sangat simple sekali. bahan untuk pembuatan stup/kotak tempat koloninya bisa dengan kayu /papan bekas yg berukuran 30-40 cm.
idealnya stup sekat untuk koloni trigona ini berukuran 15x16x36 cm.( 35x35 SP 40x40 x10 utk itama/ galo-galo), kemudian untuk topingnya juga bisa dari bahan kayu bekas.

"Dari situlah saya lebih optimis dan semangat membudidayakan ternak lebah trigona itama ini",

Selanjut nya Gusmir Indra mengatakan, saat ini madu klanceng(lebah trigona, red) juga menjadi objek pengobatan dan bahan penyembuhan penyakit yang sedang ngetren di kalangan pengidap kolesterol, apa lagi dimusim covid-19 ini berguna untuk meningkatkan imun tubuh.
Pada tahun 2010, sebuah studi di Amerika Serikat membandingkan konsumsi madu versus sukrosa selama 116 hari menunjukkan bahwa, madu menurunkan kadar kolesterol total dalam darah.


Madu klanceng ini cukup bagus untuk dipasarkan dan akan merubah kebiasaan atau gaya hidup sehat masyarakat Kuantan Singingi nantinya.

Setiap satu stup mampu menghasilkan madu dengan berat sekitar setengah kilogram per satu kotaknya.
Jadi tidak tertutup kemungkinan satu atau dua tahun ke depan madu kita akan membuahkan hasil yang memuaskan, ungkap Indrako.

Untuk saat sekarang ini yang ingin mencicipi dan ingin membeli madu hasil dari pembudidayaan yang kita lakukan, "ya silahkan datang ke tempat penangkaran dan langsung dipanen dari stupnya untuk merasakan keaslian madu klanceng kita ini," tutup nya.

Komentar Via Facebook :