Aplikasi-Dashboard-Lancang-Kuning-Nusantara-Resmi-Launching

Aplikasi-Dashboard-Lancang-Kuning-Nusantara-Resmi-Launching

 Aplikasi penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Dashboard Lancang Kuning Nusantara yang semula hanya digunakan di Provinsi Riau, telah resmi di launching untuk pemakaian se-Indonesia.

Peluncuran aplikasi ini dilakukan langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Idam Azis, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar,  Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, Wakil Menteri Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong.

Launching ini ditandai dengan penekanan tombol bersama, yang berlang berlangsung di Balai Daerah Gedung Serindit Provinsi Riau, Senin (9/3/2020).

Untuk informasi, akan ada sebelas Kapolda setiap provinsi di Indonesia yang akan menggunakan aplikasi tersebut. Diantaranya, Polda Aceh, Polda Sumatera Utara (Sumut), Polda Sumatera Barat (Sumbar), Polda Jambi, Polda Sumatera Selatan (Sumsel), Polda Kalimatan Timur (Kaltim), Polda Kalimantan Tengah (Kalteng), Polda Kalimantan Barat (Kalbar), Polda Kalimantan Utara (Kaltara), Polda Bangka Belitung (Babel), serta Polda Kalimantan Selatan (Kalsel).

Gubernur  Riau Syamsuar menyebutkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sangat menyambut baik diluncurkannya aplikasi Lancang Kuning Nusantara yang dipusatkan di Provinsi Riau ini.

"Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi Indonesia dalam rangka percepatan penanganan pemadaman Karhutla di Riau," katanya.

Gubri berharap adanya aplikasi Lancang Kuning Nusantara dapat membantu dalam memberikan kemudahan pencegahan penyebaran, dan penanganan Karhutla di seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

"Semoga aplikasi ini memberikan kemudahan dalam mencegah Karhutla," tutupnya. (MCR/IP)

Komentar Via Facebook :