IKNR Siak Apresiasi Disduk Nias barat Dan Disduk Siak Fasilitasi Pengurusan Data Kependudukan Warga

IKNR Siak Apresiasi Disduk Nias barat Dan Disduk Siak Fasilitasi Pengurusan Data Kependudukan Warga

SIAK. Superriau.com - Saat ini pemanfaatan data kependudukan untuk semua keperluan baik di pemerintahan maupun di lembaga sudah semakin meningkat. Namun disamping itu juga, permasalahan kepemilikan dokumen kependudukan masih belum dianggap penting bagi sebagian masyarakat diseluruh pelosok tanah air dan hal ini perlu menjadi perhatian bersama, selain untuk menjamin hak-hak sebagai warga negara juga dibutuhkan untuk pemutakhiran data kependudukan, dalam rangka tersedianya data kependudukan yang valid.

Pentingnya dokumen kependudukan dalam berbagai hal sangat berpengaruh bagi masyarakat. Seperti halnya salah satu warga Siak asal Nias Fatudodo Waruwu yang berdomisili di Kampung Pinang Sebatang Timur Kecamatan Tualang Kabupaten Siak - Riau yang dimana istrinya Usomani Lase selama ini menderita penyakit katarak dan berhubung keluarga kurang mampu maka terkendala untuk melakukan perobatan ke RS. Jika pun berobat melalui Jamkesda terkendala dengan data kependudukan yang belum pernah terbit.

Fotudodo Waruwu dan Usomani Lese merupakan warga Siak asal Nias yang tidak pernah memiliki dokumen kependudukan dan merupakan keluarga kurang mampu dengan pekerjaan sang suami sebagai BHL dan istri tidak bisa bekerja berhubung mengalami penyakit katarak.

Untuk diketahui sebelumnya Fotudodo Waruwu dan Usomoni Lase pernah ikut perekaman E-Ktp yang dilaksanakan Disdukcapil Nias Barat di Riau sekitar 2 tahun yang lalu bersama masyarakat Siak asal Nias yang difasilitasi oleh organisasi masyarakat Nias yang ada di Riau. Perekaman E-ktp itu sebagian sudah terealisasi pengiriman data pindah dari Disdukcapil Nias Barat untuk dijadikan KK, KTP di Disdukcapil masing - masing di Riau dan masih banyak juga yang  terkendala pengiriman data pindah warga dipindahkan ke Siak berhubung tenaga dan waktu pekerja Disdukcapil Nias Barat tidak memadai.

Pemindahan data kependudukan masyarakat Siak asal Nias dari Nias Barat ke Kabupaten Siak, Jajaran pengurus Dpd Iknr Siak tetap melakukan upaya untuk bekerjasama dengan Disdukcapil Kabupaten Siak melaui audensi dan silahturahmi dengan Kadis Capil Siak berapa waktu lalu dan juga kordinasi dengan Disdukcapil Nias Barat sehingga beberapa keluarga masyarakat Nias yang berdomisili di Siak bisa terbantu. Hal itu disampaikan ketua Dpd Iknr Siak Nitema Mendrofa, ST, M.Pd kepada awak media, Jumaat ( 05/02/21 ) di Tualang. " Ya. Sesuai hasil audensi kita berapa bulan lalu dengan Kadisdukcapil Kabupaten Siak dari Iknr Siak dan kita tindaklajuti ke Kadisdukcapil Nias Barat. Atas kerjasama yang baik sehingga masyarakat kita yang kurang mampu terkendala pengurusan surat pindah dan dokumen KK dan Ktp ke kantor kependudukan Siak bisa terbantu tanpa harus Ybs datang langsung, apalagi kondisi keluarga Usomani Lase kurang mampu dan mengalami penyakit katarak ".

" Kita juga berterimakasih kepada pihak Disdukcapil Siak terlebih pak Kadis Capil Siak pak Hasmizal yang telah membantu mempermudah proses ini kiranya kedepan semakin terjalin komunikasi dan kerjaama yang baik membantu masyarakat kurang mampu. " Ujarnya

Nitema juga berharap agar masyarak Siak asal Nias tetap bersabar. " Bagi masyarakat kita Siak asal Nias yang telah ikut perekaman melalui Disdukcapil Nias Barat supaya tetap bersabar dan kita akan tetap berusaha hingga permasalahan ini bisa selesai secepatnya dan warga bisa mempunyai dokumen kependudukan " Tutupnya.

Penyerahan dokumen kependudukan berupa KK dan KTP itu diwakili Sekretaris DPD IKNR Siak Optonica Zega, Ketua Pemuda Yustinus Hulu dan Pdt. Yanu Zai. Fotudodo Waruwu bersama istri Usomani Lase kepada awak media menyampaukan ucapan teeimakasih yang luar biasa. " Kami sangat senang atas bantuan para orang tua kami yang telah dan sangat membantu kami sehingga sekarang ini kami bisa mempunya Dokumen kependudukan KK dan KTp. Terimakasih buat Iknr, Buat Disdukcapil Siak dan terimakasih juga buat Disdukcapil Nias Barat. Kiranya Tuhan yang membalas segala kebaikan. " Ucapnya.

Komentar Via Facebook :