https://www.superriau.com/

Malam Ini, Konjungsi Merkurius-Spica dan Ekuinoks September Hiasi Langit Indonesia.

Malam Ini, Konjungsi Merkurius-Spica dan Ekuinoks September Hiasi Langit Indonesia.

Sembari menemani kejenuhan Anda, ada dua fenomena menarik di langit yang bisa Anda saksikan malam hari ini, Selasa (22/9/2020). Dua fenomena tersebut adalah konjungsi Merkurius- Spica dan Ekuinoks September 2020. Berikut penjelasan lebih rincinya.

1. Konjungsi Merkurius-Spica, pukul 18.26 WIB Dalam keterangan resmi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), konjungsi atau kesejajaran antara planet Merkurius dan Spica akan terjadi pada petang nanti di hari ini. Spica adalah bintang yang paling terang di antara bintang lainnya yang terletak di konstelasi Virgo. Spica digolongkan sebagai bintang variabel berganda. Baca juga: Mulai Malam Ini, Oposisi Neptunus Tampak di Langit Indonesia     Dalam sistem manzila Arab, Spica ini dikenal sebagai as-Simak. Sementara dalam sistem manzilah India, Spica disebut Caitra yang bermaka yang paling terang. Puncak konjungsi atau kesejajaran Merkurius-Spica menurut Lapan, akan terjadi pada pukul 18.26 WIB dengan sudut pisah 0,27 derajat. Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengamatinya, bisa sekali dilakukan dengan mata telanjang atau tanpa bantuan alat optik. Namun, dengan catatan kondisi langit cerah, bebas dari polusi cahaya maupun bebas dari penghalang di sekitar medan pandang. Maka, Anda dapat mengamatinya di langit tepatnya arah Barat dengan ketinggian 10.7 derajat.
2. Ekuinoks September Astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo menjelaskan bahwa (0º). "Persisnya, deklinasi matahari akan tepat bernilai nol pada pukul 20.41 WIB," kata Marufin kepada Kompas.com, Rabu (2/9/2020). Marufin berkata, dalam ekuinoks maka durasi siang yaitu sejak terbit hingga terbenamnya Matahari, akan sama panjang dengan durasi malam di seluruh penjuru Bumi. "Dan saat Matahari terbit di hari itu, ia akan terbit tepat di titik timur," ujarnya. Sebaliknya, saat terbenam maka akan tepat berada di titik barat.

 

Komentar Via Facebook :