oleh

Pj Sekda Buka Kegiatan Qur’an Center Riau 2019

 Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Syah Harrofie membuka secara resmi kegiatan Qur’an Center Riau tahun 2019 yang dipusatkan di Embarkasi Haji Antara Riau, Kamis (03/10) sore. Ia berharap qori/qoriah, hafizh/hafizhah, mufassir/mufassirah, dan muhadditsiin/muadditsah Riau kedepan lebih berkualitas dan dapat berprestasi baik tingkat daerah, nasional, bahkan Internasional.

“Gubernur Riau sangat apresiasi terhadap apa yang dilakukan oleh LPTQ, Kemenag Riau dan jajarannya ini. Ini tidak lain adalah upaya meningkatkan kualitas dari qori dan qoriah, hafizh dan hafizhah, mufassir dan mufassirah, muhadditsiin dan muadditsah kita, begitu juga cabang-cabang lain yang dilakukan secara bertahap nanti,” sebutnya setelah membuka kegiatan.

Disampaikan juga, pelatihan dalan upaya meningkatkan kualitas yang dilakukan oleh LPTQ Riau ini tidak memandang asal pesertanya dari kabupaten/kota mana. Asal mereka merupakan yang terbaik di daerah kemudian dilakukan penambahan ilmu dari apa yang sudah dimilikinya di Qur’an Center. Dipersiapkan untuk ajang provinsi di Kampar 2019, kemudian jika berprestasi juga dipersiapkan untuk ajang Nasional di Sumatera Barat tahun 2020.

“Jadi para peserta ini para juara di kabupaten/kotanya. Kemudian dipersiapkan untuk ajang tingkat provinsi pada November 2019 memperkuat daerahnya di Kampar. Tersaring para juara tingkat provinsi, dilakukan lagi pembinaan tahap dua dalam menghadapi kejuaraan tingkat nasional yang akan dilaksanajan di Sumbar tahun 2020,” katanya lagi sembari berharap peserta yang berasal dari kabupaten/kota ini mengikuti pelatihan dengan baik.

Sementara itu Direktur Qur’an Center Riau Asy’ari Nur saat dikonfirmasi menjelaskan, untuk peserta Qur’an Center Riau tahun 2019 ini berjumlah lebih kurang 237 orang dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Riau. Mereka akan dilatih dan dibimbing oleh 25 orang pelatih dimana 10 orang pelatih yang bertaraf nasional dan internasional. Kemudian 15 orang lagi merupakan pendamping dari lokal.

“Pelatihan atau bimbingan di Qur’an Center ini dilakukan salama satu bulan dimana waktunya adalah tiga kali dalam satu minggu. Selama ini prestasi Riau diajang MTQ tingkat nasional selalu berada dalam sepuluh besar seperti ranking enam dan tujuh. Dengan adanya pemusatan pelatihan ini, diharapkan prestasi Riau ini akan lebih baik lagi kedepanya,” kata Ketua Harian LPTQ Riau ini lagi sembari berharap. (MC/ch)

Komentar

Berita Terbaru