oleh

BOSDA Naik 100%, Akankah Pendidikan Gratis?

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengusulkan dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) lebih kurang sebesar Rp443 miliar di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2020.

Dana BOSDA tersebut mengalami kenaikan hampir 100 persen dari BOSDA 2019 yang hanya sebesar Rp250 miliar. Dengan anggaran sebesar itu diharapkan dapat mewujudkan pendidikan gratis tingkat SMA/SMK negeri tahun 2020, sesuai dengan janji Gubernur Riau Syamsuar.

“Anggaran BOSDA kita naik menjadi Rp443 miliar,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Rudyanto saat acara Cakap Cakap Lepas yang dilansir Cakaplah.com dan Ceria TV, di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Lebih lanjut Rudyanto menjelaskan, jika sebelumnya anggaran satu siswa Rp400 ribu pertahun, maka dengan peningkatan BOSDA itu tahun depan menjadi Rp1,5 miliar.

“Artinya ada peningkatan hampir 300 persen untuk satu siswa SMA/SMK pertahun. Dari sebelumnya hanya Rp400 ribu jadi Rp1,5 juta,” terangnya.
Kemudian Rudy menyampaikan, dana BOSDA itu didampingi BOSNAS. Dimana untuk BOSNAS satu siswa SMK sebesar Rp1,6 juta, dan SMA Rp1,5 juta.TERKAIT

Komentar

Berita Terbaru