oleh

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) terus mengesak pembangunan insfraktruktur jalan

Hal tersebut dilakukan, Pemerintah Rokan Hilir kini fokus membenahi
perbaikan jalan. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat tersebut.

Penambahan ruas jalan menurut Bupati Rohil Suyatno, mutlak dibutuhkan untuk membuka keterisoliran daerah serta sarana penghubung antara daerah baik sebagai sarana mobilitasi orang maupun mobilisasi barang dalam aktivitas sosial ekonomi.

“Dengan membaiknya fasilitas infrastruktur khususnya jalan, jembatan, pelabuhan maka diharapkan cost trasportasi dalam daerah lebih murah dan aktivitas ekonomi masyarakat berjalan lancar mauaranya adalah pemeratan pembangunan antara satu kawasan dengan kawasan lainya,” kata Bupati.

Sesuai dengan visi pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Rohil 2011-2016 yakni pembaharuan menuju kemandirian pemerintah dan masyarakat Kabupaten Rohil, khusus tahun 2018 ini arah pembangunan difokuskan pada upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Menuju Kemandirian Rohil.

Meski demikian, Pemkab Rohil tetap  komitmen menjalankan program-program wajib serta program strategis. Diantaranya Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi Kerakyatan, Industri dan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Desa/Kelurahan, Program Peningkatan Ketahanan Pangan dan Perkebunan, Pengembangan Obyek Wisata.

Selain peningkatan kuantitatif, Pemda Rohil juga akan memperioritaskan kualitatif dimaksud pemiliharaan jalan dan jembatan, peningkatan status jalan dan jembatan serta untuk menjamin terselengaranya program pembangunan. Bahkan Pemda Rohil akan menerapkan satu sistem informasi jalan yang berbasis geografis untuk masyarakat sebagai sarana dalam berperan aktif menginformasikan kondisi jalan kepada di daerah Rohil kepada pemerintah

Dari perkembangan Rokan Hilir saat ini, Berbagai pembangunan infrastruktur yang ada sekarang ini adalah sebuah kemajuan yang tak bisa disangkal lagi. Dan dalam hal pembangunan infrastruktur, hal itu erat kaitannya dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) yang memang menjadi leading sector-nya dalam hal pembangunan infrastruktur yang ada di daerah ini.

“Dengan kondisi infrastruktur jalan yang memadai, maka dipastikan investor pasti ingin membuka usaha di kabupaten yang semakin lama setiap tahunnya berkembang pesat, mulai kedepan semua pembangunan di kawasan Rohil akan kita rigit.

Dibawah kepemimpinan Bupati Suyatno, Pemda Rohil memiliki program yang harus segera dituntaskan, yakni pembangunan kawasan jalan pesisir seperti pembanguna jalan lintas Bagansiapiapi-Ujung Tangjung, jalan Kubu-Panipahan dan lain lainnya.

Anggaran dana pembangunan Jalan Teluk Piyai-Sungai Daun dan jalan lintas pesisir perbatasan bersumber dana dari Pemerintah Provinsi Riau, Sementara Jalan lintas Ujung tanjung-Bagansiapiapi dana dari Pusat.

Panjang jalan dari Teluk Piyai sampai Sungai Daun yang akan dibangun sepanjang 17 KM dengan dana lebih kurang 50 Milyar, Sedangkan Jalan Lintas Ujung Tanjung-Bagansiapiapi sepanjang 7 KM dananya sebesar 70 Milyar.

“Khususnya jalan lintas ujung tanjung-bagansiapiapi saya akan turun kelapangan langsung untuk memastikan jalan-jalan mana yang rusak berat itu akan diprioritaskan. Jalan dibangun dengan Rigid,” ucap Bupati. (Adv /Suyetno )

Komentar

Berita Terbaru