oleh

Anak Buah Putra Mahkota Arab Saudi Ditangkap Atas Kasus Suap

Riyadh-Superriau. Seorang pejabat Kementerian Pertahanan Arab Saudi ditangkap terkait suap. Pejabat yang merupakan anak buah Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) ini didakwa menerima suap dan menyalahgunakan jabatannya.

Diketahui bahwa MBS juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan Saudi.

Seperti dilaporkan kantor berita Saudi Press Agency (SPA) dan dilansir Reuters, Rabu (11/7/2018), suap yang diterima pejabat Kementerian Pertahanan Saudi itu disebut mencapai 1 juta Riyal (Rp 3,7 miliar). Identitas pejabat yang ditangkap itu tidak diungkap ke publik.

“Pejabat ini berupaya memfasilitasi prosedur tidak wajar dalam pembayaran keuangan ke sebuah perusahaan, memanfaatkan pengaruh profesionalnya,” demikian pernyataan Jaksa Agung Sheikh Saud al-Mujib.

Pihak yang memberi suap tidak disebut lebih lanjut.

Namun dilaporkan SPA bahwa pejabat Saudi itu sudah mengakui suap yang diterimanya. Pejabat itu juga mengakui keterlibatan dua orang lainnya dalam kasus yang sama. Dua orang itu telah ditangkap, namun identitas mereka tidak diungkap.

Sebelumnya pada November lalu, ratusan pengusaha top dan anggota Kerajaan Saudi ditangkap dalam operasi antikorupsi yang dipimpin MBS. Mereka yang ditangkap, sempat ditahan selama beberapa bulan di hotel mewah Ritz-Cartlon Riyadh, sebelum akhirnya dibebaskan setelah membayar kompensasi.

Berbicara kepada salah satu surat kabar Amerika Serikat pada Februari lalu, MBS menyatakan bahwa operasi antikorupsi itu bagaikan kemoterapi bagi ‘kanker korupsi’. (detik)

Komentar

Berita Terbaru