oleh

3 Tahap Pendaftaran CPNS 2018, Pengumuman di menpan.go.id

Tahapan Pendaftaran CPNS 2018, Pengumuman di menpan.go.id Hingga Unggah Berkas ke sscn.bkn.go.id.

Bersiap-siaplah bagi Anda yang bercita-cita jadi abdi negara melalui jalur penerimaan CPNS 2018.

Menteri PAN RB Asman Abnur dua pekan lalu melansir pendaftaran CPNS 2018 akhir Juli atau awal Agustus 2018 ini.

Calon pelamar CPNS wajib tahu, Pengumuman Pendaftaran CPNS 2018 di www.kemenpan.go.id, Pendaftaran di sscn.bkn.go.id.

Sehingga pelamar harus mengakses langsung website resmi Kemenpan RB  dan media sosial resmi kemenpan RB.

Setelah pengumuman pendaftaran CPNS 2018 dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara (Kemenpan RB) di website resmi www.kemenpan.go.id, barulah website BKN, sscn.bkn.go.id bisa diakses.

Banyak calon pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 menanyakan kepada BKN kenapa website sscn.bkn.go.id belum bisa diakses hingga Minggu (29/7/2018).

Simak baik-baik info berikut, berikut 3 tahapan penting penerimaan CPNS 2018 semoga bermanfaat.

1. Pengumuman Pendaftaran CPNS 2018 oleh Kemenpan

Alur penerimaan CPNS 2018 dimulai dengan pengumuman pendaftaran CPNS 2018 oleh Kemenpan RB melalui website resminya www.menpan.go.id.

Jadi calon pelamar, harus memantau menpan.go.id

Kapan pengumuman pembukaan pendaftaran?

Pekan lalu,  Menteri Pemberdayaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abrar, mengkonfirmasikan pengumuman pendaftaran dibuka paling telat akhir Juli 2018 ini.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Iwan Hermanto, menjelaskan Mekanisme Seleksi CPNS terintegrasi dalam acara Rakornas Kepegawaian Tahun 2018. (capture/ youtube BKNgoid)
Semoga akhir pekan atau paling telat awal pekan depan sudah terealisasi ya.

2. Setelah pengumuman Kemenpan, Pelamar mendaftar di sscn.bkn.go.id

Setelah pengumuman pendaftaran di www.kemenpan.go.id selanjutnya calon pelamar melakukan pendaftaran lewat website https://sscn.bkn.go.id

3. Unggah dokumen ke sscn.bkn.go.id

Dokumen yang dipersyaratkan untuk melamar CPNS 2018 juga diumumkan bersamaan dengan pengumuman pendaftaran CPNS 2018.

Belajar Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Oh ya, selain menyampaikan soal website sscn.bkn.go.id yang belum bisa diakses, media resmi BKN juga menginformasikan kepada calon pelamar untuk mulai belajar.

Jenis tes yang dipelajari adalah tes wawasan kebangsaan (TWK).

Hai #SobatBKN, karena TWK itu tentang wawasan kebangsaan dimana kebanyakan peserta kesulitan dibidang tersebut. Sekaligus mengingatkan kembali tentang sejarah Indonesia,” tulis akun resmi BKN.

Catat! Berikut Media Resmi Pendaftaran CPNS 2018

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memperingatkan para calon pendaftar CPNS 2018 waspada terhadap informasi yang beredar di media sosial.

Jadwal pengumuman pendaftaran CPNS 2018 hanya diumumkan melalui dua website resmi.

Website Kementerian dan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) dan website resmi BKN.

Pengumuman agar waspada terhadap info yang belum dipastikan kebenarannya disampaikan langsung melalui twitter resmi BKN @bkngoid:

“Selain itu #SobatBKN, hati-hati thd isu hoax atau info seputar penerimaan CPNS 2018 yg beredar di media sosial maupun channel youtube selain akun resmi kami atau @kempanrb. Karena mulai banyak yg menyebarkan tutorial pendaftaran, tutorial CAT-BKN sampai prediksi soal CAT-BKN,” tulis admin dengan akun yang sudah terverifikasi ini saat dipantau tribun-timur.com, Kamis (19/7/2018)

Kemenpan RB sudah mengumumkan pengumuman pendaftaran CPNS 2018 akan dilakukan akhir Juli 2018.

Namun kapan waktu tepatnya masih menunggu dan akan disampaikan melalui www.menpan.go.id dan www.bkn.go.id.

Website dan Akun Resmi Kemenpan RB

Lalu kapan pendaftaran CPNS 2018 dibuka?

Pengumuman pendaftaran akan dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Hingga berita ini ditulis Sabtu (30/6/2018), Kemenpan masih meminta calon pelamar untuk bersabar.

Bahkan Kemenpan melalui rilis resminya meminta calon pelamar waspada terhadap berita hoax yang tidak bertanggungjawab mengenai jadwal penerimaan CPNS 2018 ini.

Berikut rilis lengkap Kemenpan RB terkait Pengumuman Pendaftaran CPNS 2018

Belum Ada Penetapan Formasi CPNS

Saat ini tengah banyak beredar kabar mengenai pendaftaran CPNS tahun 2018, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menegaskan bahwa kabar tersebut tidak benar atau hoax.

“Belum ada informasi resmi mengenai pembukaan dan pendaftaraan CPNS tahun 2018. Kabar yang beredar di masyarakat kami pastikan hoax,” tegas Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman di Jakarta, Minggu (24/6/2018).

Lanjutnya dikatakan bahwa, pada tahun 2018 ini memang ada rencana penerimaan CPNS, terutama untuk formasi guru, tenaga kesehatan, serta formasi spesifik lainnya yang membidik Nawacita dan sesuai dengan core business instansi.

“Semua masih dalam proses. Sampai saat ini usulan formasi yang disampaikan oleh instansi melalui e-formasi masih dalam tahap validasi,” jelasnya.

Informasi yang beredar di berbagai media sosial itu seolah-olah pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS pada Juli 2018. Disana disebutkan kriteria yang diperlukan, susunan formasi, dokumen yang dibutuhkan, alur pendaftaran, dan kuota penerimaan CPNS.

Untuk itu mohon kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati dengan berbagai informasi simpang siur yang beredar namun tidak jelas sumbernya. “Semua informasi resmi terkait kebijakan pendayagunaan aparatur negara, termasuk rencana penerimaan CPNS tahun 2018, akan kami sampaikan melalui website menpan.go.id,” ujarnya. (rr/HUMAS MENPANRB)

Informasi di atas bisa diakses langsung di websiten resmi Kemenpan RI atau klik DI SINI

5 Media Resmi Kemenpan RB

Bagi Anda yang menunggu informasi pendaftaran seleksi CPNS 2018, juga wajib memantau terus website resmi dari Kemenpan RB mengenai kapan pengumuman dilaksanakan.

Berikut lima akun resmi Kemenpan RB:

1. Website: www.menpan.go.id

2. Facebook Kemenpan RB

3. Twitter Kemenpan RB

4. Instagram Kemenpan RB

5. Youtube Kemenpan RB

Bagi Anda yang serius mempersiapkan diri mendaftar CPNS 2018 mendatang, sebaiknya mengikuti atau follow akun resmi Kemenpan RB.

Supaya informasi pengumuman pendaftaran CPNS 2018 tidak dilewatkan.

Sambil menunggu pengumuman pendaftaran, sebaiknya calon pelamar mempersiapkan sejumlah dokumen yang diperlukan.

Tribun-timur.com melansir dari laman resmi Kementerian PAN-RB, pada 22 Mei 2018 lalu, disebutkan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memfokuskan formasi CPNS tahun ini untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis.

Hal itu dilakukan demi mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan.

Ini 5 Website dan Akun Resmi BKN

Menurut Kepala Biro (Karo) BKN Mohammad Ridwan, informasi resmi penerimaan CPNS hanya berasal dari laman atau kanal informasi Kemenpan-RB dan BKN.

Untuk BKN te lah disediakan berbagai kanal informasi yaitu:

1. Website

www.bkn.go.id

2. Twitter

twitter.com/BKNgoid

Tribun-timur.com melansir perkembangan terbaru informasi CPNS 2018 dari Twitter BKN Minggu (24/6/2018) sebagai berikut:

3. Facebook

facebook.com/BKNgoid

Berikut informasi terbaru mengenai seleksi CPNS 2018 dilansir Tribun-timur.com dari Facebook BKN, jangan lupa LIKE untuk mendapatkan informasi terkini:

4. Instagram

instagram.com/BKNgoidOfficial

5. Youtube

youtube.com/c/BKNgoidOfficial

Agar tidak salah, pastikan informasi yang Anda peroleh mengenai pendaftaran CPNS 2018 dari dua sumber; Kemenpan RB dan BKN.

Semoga sukses ya.(SUMBER TRIBUN TIMUR)

 

 

 

 

Komentar

Berita Terbaru