oleh

HUT KOTA PEKANBARU KE 234. Wako Hadiahkan Komplek Perkantoran Termegah Untuk Masyarakat

Superriau-Pekanbaru .  Bertepatan pada tanggal 23 Juni 2018, kota Pekanbaru telah berusia 234 tahun.
Pencapaian angka 234 ini merupakan awal kebangkitan di era baru, dari 200 tahun lalu yang masih berupa kampung kecil Senapelan, menjadi kota besar Pekanbaru. Pekanbaru Kota Metropolitan dan saat ini dijadikan Pekanbaru smart City menuju masyarakat Madani.
Hari Ulang Tahun (HUT) Ibu Kota Provinsi Riau, Pekanbaru, yang ke-234 Pemerintah Kota Pekanbaru menggelar upacara perdana di Komplek Perkantoran baru di Tenayan Raya, Senin (25/6/2018), yang berlokasi, di Kecamatan Tenayan, Jalan Badak.
Dalam peringatan hari spesial kali ini dihadiri elemen masyarakat mulai dari Forkompinda, Ketua LPM Pekanbaru, Kepala Kesbangpol Provinsi Riau yang mewakili Gubernur Riau, ASN Pemko Pekanbaru dan Ormas – Ormas yang ada di Pekanbaru serta undangan lainnya.
“Alhamdulillah begitu banyak lapisan masyarakat yang hadir dalam upacara kali ini. Upacara juga berjalan lancar, ini awal yang baik untuk kita kedepannya,” ujar Firdaus
Dalam amanat upacaranya, Firdaus mengatakan Komplek Perkantoran Tenayan Raya merupakan Kado dari jajaran Pemko Pekanbaru untuk melakukan pelayanan masyarakat.
Di hari istimewa HUT Pekanbaru ke-234 Firdaus memaparkan perjalanan dari program pemekaran kota dan tujuannya.
Guna mewujudkan pemerataan pembangunan, pemerintah kota Pekanbaru, sejak tahun 2015 lalu telah membangun komplek perkantoran walikota Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya.
Pertimbangan menjadikan Kecamatan Tenayan Raya sebagai pusat perkantoran dikarenakan wilayah tersebut lebih strategis dibanding dengan kecamatan yang lain di Pekanbaru. Oleh sebab itu di tetapkanlah komplek perkantoran baru di bangun di kecamatan tersebut.
Wako mengatakan komplek Perkantoran Tenayan Raya merupakan Kado dari jajaran Pemko Pekanbaru untuk melakukan pelayanan masyarakat.
“Nantinya pelayanan kepada masyarakat lebih efektif. Karena semua pusat perizinan akan berpusat di Mall Pelayanan Publik di Kantor Sudirman. Insya Allah 2019 Komplek Perkantoran Tenayan Raya maupun Mall Pelayanan Publik akan beroperasi dengan efektif,” jelas Firdaus.
Firdaus mengakui, setelah di ground breaking sejak 2015 lalu, komplek perkantoran memang molor dari jadwal yang telah ditetapkan untuk dioperasionalkan, disebabkan karena adanya persoalan teknis.
“Tahun ini lima gedung lainnya akan dikerjakan karena sudah dianggarkan. Insya Allah 2019 akan efektif dioperasikan,” imbuhnya.
Diakui orang nomor satu di Pekanbaru ini memang beroperasinya Komplek Perkantoran Tenayan Raya molor dari jadwal. Hal ini dikarena kan permasalahan teknis.
“Tahun ini lima gedung lainnya akan dikerjakan. Karena sudah dianggarkan. Insya Allah 2019 akan efektif dioperasikan, “sebutnya.
Dalam mewujudkan pemerataan pembangunan. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sejak tahun 2015 lalu telah membangun komplek perkantoran Walikota Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya, tepatnya di Jalan Badak. Walikota Pekanbaru  mengatakan, diarahkannya pembangunan kompleks perkantoran pemerintah di Kecamatan Tenayan Raya juga sudah disesuaikan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Pekanbaru.
Pengembangan komplek perkantoran di Tenayan Raya kini sudah hampir tuntas dan segera ditempati. Ground breaking atau pemancangan bangunannya saat itu secara simbolis diresmikan.
Pembangunan harus beriringan, yaitu sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa ini, yakni membangun jiwa dan bangun badannya. Analoginya adalah pembangunan selain bentuk fisik perkantoran juga pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Pekanbaru.
Kota Pekanbaru selain melakukan pemerataan pembangunan, juga membangun jalan outoringroad jalan lingkar luar dan membangun tol Pekanbaru Dumai. Dengan luas yang hampir sama dengan Provinsi DKI Jakarta, pembangunan Iahan kosong di beberapa kawasan Pekanbaru yang salah satunya komplek Perkantoran Tenayan Raya, pemerataan pembangunan dan pengembangan SDM tak menampik Kota MetropoIitan yang Madani akan terwujud.
Perkembangan kota Pekanbaru memang sudah terlihat seperti Kota Metropolitan. Untuk itu, apa yang dilaksanakan dalam kepemimpinan DR Firdaus ST MT selama enam tahun terakhir, beliau mengatakan tidak memikirkan pekerjaan untuk hari ini saja. Tetapi bekerja memikirkan untuk anak cucu. Seperti hal yang diceritakan beliau mengenai sosok pendiri negara Singapura, Thomas Stamford Rafless. Mampu membangun kerajaan untuk kehidupan generasi berikutnya.
“Jadi saya katakan, persoalan yang kita kerjakan bukan untuk hari ini saja. Tetapi apa yang kita kerjakan untuk anak cucu kita, “imbuhnya saat jumpa pers di rumah dinas Walikota, sehari sebelumnya bertempat kediaman Wali kota Pekanbaru, Jl. Ahmad Yani Walikota H.Firdaus, ST MT saat mengadakan jumpa pers dalam rangka menyambut HUT ibu kota Provinsi Bumi Lancang Kuning ini.
Diawal sambutannya Walikota kota Pekanbaru, menyampaikan ucapan terima kasih kepada rekan awak media yang telah banyak membantu masyarakat dalam memperoleh informasi-informasi yang faktual tentang perkembangan pembangunan dan imformasi lainnya seputar Pekanbaru.
“Sebagai pewarta, suatu berita yang di ekspos bisa membuat yang buruk menjadi baik, yang baik menjadi lebih baik, atau yang baik menjadi buruk. Disitulah masyarakat harus bisa menyaring Pekanbaru sebagaimana dijuluki masyarakat Madani” tambahnya.
Dalam kurun waktu 6 tahun, Kepemimpinan Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus, ST.MT, telah berupaya memberikan pelayanan yang terbaik dalam berbagai hal untuk  masyarakat kota Pekanbaru dan untuk perkembagan pembangunan kota Pekanbaru.
“Di tahun ini, banyak sekali masyarakat kota Pekanbaru mendapati hadiah spesial berupa kemajuan yang telah dicapai Pemko dengan baik. Diantaranya adalah inovasi-inovasi yang bisa dilihat oleh Riau daratan khususnya hingga Nusantara, serta pencapaian berbagai penghargaan yang diterima berupa Gelar visioner oleh Walikota Pekanbaru, Kepala Daerah Inspirator hingga pencapaian penghargaan sebagai kota dalam pelayanan pemberian perizinan terbaik se-indonesia”.
Tidak hanya dalam inovasi, masyarakat kota Pekanbaru juga dapat merasakan kerja nyata Pemko Pekanbaru dalam bidang pembangunan, seperti pembangunan gedung Perkantoran baru di daerah Tenayan raya.
“Maka dari itu, di usia 234 kota Pekanbaru yang sama sama kita cintai ini, mari kita bersama-sama mewujudkan mimpi kota ini menjadi Pekanbaru Smart City menuju Masyarakat Madani dengan selalu mendukung dan menjalan kebijakan kebijakan Pemko untuk kesejahteraan bersama,”Tahniah kota Pekanbaru ke 234 Semog menjadi Negeri Yang Gemilang dan Terbilang, Smart City Madani. di Provinsi Riau. (adv/kominfo Kota Pekanbaru)
Walikota Firdaus Loucing Kartu Smart Usai Upacara Hut Kota Pekanbaru

Komentar

Berita Terbaru