Inilah Beberapa Nama Calon Pimpinan KPK

Inilah Beberapa Nama Calon Pimpinan KPK

Gambar Ilustrasi diambil dari Google

HatamiNews, Jakarta - Pansel capim KPK) atau panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menyetor 10 nama capim KPK kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) besok.

Kesepuluh nama ini sebelumnya ditentukan dalam rapat internal pansel, ini bocoran 20 nama yang lolos capim KPK tersebut.

Firli Bahuri - Anggota Polri

 

Antam Novambar - Anggota Polri

 

Bambang Sri Herwanto - Anggota Polri

 

Johanis Tanak - Jaksa

 

Sri Handayani - Anggota Polri

 

Sugeng Purnomo - Jaksa

 

Supardi - Jaksa

 

Jasman Pandjaitan - Pensiunan Jaksa

 

Nawawi Pomolango - Hakim

 

Cahyo RE Wibowo - Karyawan BUMN

 

Alexander Marwata - Komisioner KPK

 

I Nyoman Wara - Auditor BPK

 

Jimmy Muhamad Rifai Gani - Penasihat Menteri Desa

 

Lili Pintauli Siregar - Advokat

 

Luthfi Jayadi Kurniawan - Dosen

 

Neneng Euis Fatimah - Dosen

 

Nurul Ghufron - Dosen

 

Roby Arya - PNS Seskab

 

Sigit Danang Joyo - PNS Kemenkeu

 

Sujanarko - Pegawai KPK


Anggota Pansel capim KPK Hendardi mengatakan, rapat penentuan 10 nama capim digelar besok Senin (2/9). Pada sore harinya, pansel dijadwalkan menyerahkan nama 10 capim ke Jokowi.

"Besok pagi kami rapat. Siang jam 15.00 WIB, rencananya diterima Presiden (jika tidak berubah). Sepuluh nama kami serahkan kepada Presiden dan Presiden yang punya kewenangan untuk mengumumkan," kata Hendardi saat dimintai konfirmasi, Minggu (1/9/2019).

Hendardi mengatakan pansel menerima masukan dari KPK, guru besar, ataupun pegiat antikorupsi mengenai kategori capim yang akan diputuskan. Hendardi menjamin capim KPK yang dipilih berintegritas.

"Semua masukan dari pihak mana pun, termasuk dari unsur-unsur KPK, akademisi, guru besar, LSM, dan lain-lain kami jadikan masukan dan pertimbangan. Namun tentu saja hal-hal yang sifatnya dugaan atau indikasi yang belum merupakan kepastian tidak dapat dipaksakan kepada kami untuk kami terima sebagai kebenaran. Pansel sejak awal mendapat mandat Presiden berupaya memperoleh capim yang bersih dan berintegritas yang dapat memimpin KPK dengan baik," ujar Hendardi.

Sebelumnya, 20 capim KPK sudah melalui proses wawancara, uji publik, dan tes kesehatan. Dari 20 capim, akan diseleksi kembali menjadi 10 nama. Kesepuluh nama ini kemudian diserahkan ke Jokowi sebelum disetor ke DPR untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Hasil akhir, akan ditetapkan 5 nama untuk memimpin KPK di periode 2019-2023.**

Komentar Via Facebook :