Tetap Menutup Jalan Akses ke Kebun Masyarakat,Andi Putra Datangi Kantor PT.Duta Palma Nusantara(DPN)

Tetap Menutup Jalan Akses ke Kebun Masyarakat,Andi Putra Datangi Kantor PT.Duta Palma Nusantara(DPN)

 

Kondisi akibat penutupan jalan itu juga sudah dilihat langsung Bupati Kuansing, Andi Putra dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kabupaten Kuansing Kamis,(2/9/2021).

Bupati turun ke lokasi didampingi Plt, Sekda Kuansing  Agus Mandar, para asisten, kadis PUPR, pabung Inhu Kuansing, Kapolsek Benai, para camat dan sejumlah masyarakat

Dalam kesempatan tersebut Andi Putra kepada pihak perusahaan mempertanyakan maksud manajemen PT DPN menutup akses jalan masuk ke kebun masyarakat, sehingga saat ini masyarakat sulit masuk menuju Kebunnya untuk menyadap karet hingga panen sawit miliknya.

Dampak dari pemutusan akses jalan masuk ke kebun masyarakat ini tentunya akan berdampak kepada ekonomi masyarakat.
Apalagi saat ini kita sedang di timpa musibah Covid-19.

"Jangan ditambah lagi penderitaan masyarakat ini sebab masyarakat kalau jalan itu ditutup maka masyarakat susah untuk mencari nafkah sehari-hari," ujar Andi Putra.

Bupati Andi Putra meminta agar perusahaan membuka akses masuk masyarakat ke dalam wilayah kebun masyarakat dalam wilayah HGU PT. DPN secepatnya tanpa syarat apapun agar tidak terjadi gejolak di tengah masyarakat.

Selain itu , Bupati Andi Putra mempertanyakan sikap yang kurang baik dari pihak PT.DPN terkait adanya surat dan himbauan kepada pihak masyakat agar segera mengganti rugi sumua lahan yang ada dalam lingkukangan HGU miliknya yang diberikan tenggat waktu 31 Agustus 2021, jika tidak maka ancamannya adalah akses jalan akan di putuskan

"Pola ultimatum seperti ini sebenarnya menjijikkan kami semua serta melanggar Hak Asasi Manusia (HAM). Seharusnya kehadiran perusahaan harus bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program Corporate Social Responbility (CSR)," katanya.

Kata Andi, wilayah operasi bagi setiap perusahaan tentu menjadi landasan yang harus dipahami mereka apa yang dibutuhkan masyarakat sekitar sehingga program CSR mereka benar-benar tepat. "Jangan nenyusahkan masyarakat," katanya.

Sementara itu, manajeman PT. DPN melalui Kepala Tata Usaha  Muhammad Ja'is menjelaskan, mengapa pihaknya melakukan pemutusan akses masuk, itu adalah semata-mata hanya untuk keamanan serta menertipkan siapa saja yang masuk dan keluar di wilayah PT. DPN

"Penutupan itu hanya jalan yang jauh dari pantauan kami, kalau lewat pos tidak ada masalah "ungkap Muhammad Jais.

Terkait adanya permintaan bupati dan masyarakat agar membuka kemabali jalan yang sudah kami tutup, dirinya akan segera menyampaikan kepada pimpinan

"Nanti malam kami akan segera melakukan rapat bersama manajemen, hasilnya akan  kami sampaikan kepada bapak bupati secepatnya" tutup Muhammad Jais. (Drs)

Komentar Via Facebook :